20 April 2014

Hujan Kembali Mengguyur Kota Jakarta

Hujan Kembali Mengguyur Kota Jakarta, persiapan untuk waspada banjir sudah biasa dilakukan karena tata kota yang buruk serta masih banyaknya warga yang membuang sampah ke sungai. Tidak aneh lagi jika kota Jakarta diguyur hujan maka warganya persiapan waspada banjir, karena istilah habis hujan terbitlah banjir sangat cocok untuk kondisi Jakarta saat ini. Banjir ini didukung oleh pasokan air kiriman dari Bogor yang membuat kota Jakarta tergenang dalam waktu beberapa hari.

Permasalahan pertama pada kondisi ini adalah tata kota yang cukup terbilang buruk karena saluran air pada gorong-gorong tidak lancar, banyaknya sampah dan kurangnya perawatan pada masalah ini yang membuat jalanan di Jakarta tergenang dan sulit untuk dilewati kendaraan bermotor. Pembangunan kanal Jakarta dinilai belum begitu efektif mengatasi banjir yang selalu hadir setiap hujan, rasanya pemerintah bekerja hanya pada warganya kebanjiran saja, karena setelah banjir selesai proses pengerjaan untuk mengatasi banjir terasa lambat. Terkesan bagaikan mencari pahlawan kesiangan dalam mengatasi banjir ini, lihat saja jika banjir datang maka aparat pemerintah baru turun tangan mengatasi bencana banjir ini, seharusnya persiapan sebelum warga terkena banjir.

Permasalahan kedua yang tidak lepas dengan bencana banjir ini adalah kurangnya disiplin warga yang tetap membuang sampah ke sungai dan tidak membersihkan gorong-gorong saluran air di sekitarnya. Maka tidak heran saat turun hujan lingkungan sekitar warga kebanjiran hingga air masuk ke dalam rumah warga. Kegiatan kerja bakti dan gotong royong di lingkungan warga sudah jarang sekali dilakukan di kota Jakarta, maka tidak heran jika gorong-gorong saluran air warga didiamkan tersumbat begitu saja. Kesadaran warga Jakarta akan pentingnya hal ini masih dinilai kurang baik dan tidak merata. Hanya terdapat di wilayah tertentu saja seperti pasar rebo yang masih menjalankan kegiatan kerja bakti dan gotong royong untuk kepentingan bersama.

Saya rasa jika 2 hal ini dapat dikerjakan dengan baik maka bisa mengurangi nilai banjir yang biasa terjadi setelah hujan. Dukungan pemerintah dengan menyediakan tempat sampah untuk warga sekitar sangatlah penting, apalagi seringnya terdapat tumpukan sampah di beberapa tempat karena lambannya kinerja pemerintah akan hal ini yang mengakibatkan warga terpaksa membuang sampah ke sungai. Sebaiknya peran penting pemerintah pada masalah hujan yang kembali mengguyur kota Jakarta tidak mengakibatkan bencana banjir. Besar harapan tingkat kesadaran pemerintah dan warga Jakarta semakin tinggi untuk mengatasi masalah banjir ini. #banjir

Related Posts

Copyright © 2009 - 2015 | Penyabar