24 April 2014

Jualan Drop Shipper Saat Pembeli Minta COD

Jualan sebagai drop shipper saat pembeli (customer) minta COD (cash on delivery) membuat saya bingung, karena posisi saya disini sebagai srop shipper biasanya pembeli mentransfer sejumlah uang ke rekening saya lalu saya transfer lagi ke penjual utama dan barang dikirim oleh pihak penjual utama ke alamat yang saya tujukan adalah pembeli (customer) tadi. Tapi saat pembeli minta untuk COD transaksi onlinepun terhambat karena saya harus membeli barangnya terlebih dahulu dengan uang saya sendiri dan harus menunggu kiriman paling cepat besok hari.

Disinilah kendala dan resikonya, barang yang sudah saya beli harus terjual, jika tidak maka uang saya akan menggantu pada barang tersebut. Tidak masalah jika menggunakan uang yang tidak terpakai, tapi bagaimana jika uang bulanan rumah tangga yang saya gunakan untuk membeli barang tersebut? Maka kemungkinan besar saya harus menunggu barang tersebut terjual terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Sungguh resiko bagi saya, karena tidak ada jaminan bahwa pembeli yang meminta COD tersebut pasti membeli bahkan tidak menemui saat COD yang ditentukan bersama.

Ada saran dari teman pembeli harus memberikan DP sebesar 50% dengan kondisi kesepakatan bersama, memang hal ini yang terbaik menurut saya, karena beban pembelian barang tersebut ditanggung bersama. Jika transaksi lancar maka pembeli tinggal melunasi sisa pembayarannya sebesar 50%, tapi jika gagal transaksi karena barang cacat dan lain sebagainya maka menunggu penukaran barang pada waktu selanjutnya.

Saya tidak habis pikir jika ada penjual yang tidak memberikan pilihan COD pada pembelinya dikatakan seorang penipu, lihat saja pada artikel blog yang dapat dicari melalui google bahkan forum seperti kaskus. Sebenarnya inilah kendala antara penjual dan pembeli online yang harus dicari solusinya untuk memberikas rasa nyaman bersama. Memang beberapa situs jual beli online tidak menyediakan layanan COD karena seringnya terdapat pembeli yang main-main untuk mengganggu aktifitas penjualan situs tersebut dan mungkin dari situs saingannya. Disinilah letaknya dibutuhkan kepercayaan yang lebih, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi dalam melakukan transaksi online. #cod

Related Posts

Copyright © 2009 - 2015 | Penyabar