23 April 2014

Seringnya Razia Rutin Polisi Bikin Macet

Seringnya Razia Rutin Polisi Bikin Macet di sekitar jalan raya bogor. Anehnya sering sekali razia ini digelar, jika dalam seminggu bisa sampai 3-4 kali. Memang tidak perlu khawatir bagi yang memiliki surat dan kelengkapan dalam berkendara, tapi kemacetan yang ditimbulkan lumayan memberi efek buruk setiap kali razia digelar. Dan yang anehnya razia ini lebih kearah pengendara motor saja, jika lihat setiap lewat jalan raya bogor pada siang hari biasanya motor saja yang diberhentikan petugas kepolisian.

Jika saya tanyakan kepada masyarakat setempat wilayah razia, terkesan aparat polisi mencari kesalahan dari pengendara motor agar mendapatkan tambahan uang dari razia tersebut. Akan tetapi terdapat efek positifnya dengan kegiatan rutin razia polisi ini, yaitu mengurangi pengendara yang tidak layak berkendara di jalan raya untuk mengurangi angka kecelakaan kendaraan bermotor setiap harinya. Cuma sayang dimata masyarakat setempat polisi tersebut terkesan mencari tambahan uang dengan seringnya menggelar razia dan mungkin menerima sesuatu walaupun tanpa bukti yang jelas

Memang kesan aparat kepolisian dimata masyarakat belum mendapatkan respect yang baik, hal ini dikarenakan masyarakat belum merasakan pelayanan polisi secara baik dan benar. Walaupun menggunakan semboyan sebagai pelayan masyarakat, tapi belum terasa benar-benar melayani masyarakat sepenuh jiwa. Bisa dibuktikan jika masyarakat harus berhubungan dengan polisi dalam rangka pembuatan surat laporan kehilangan dan sebagainya biasa memberi uang tips sebagai imbalannya. Seharusnya pihak kepolisian dapat menolaknya jika semboyan melayani masyarakat sepenuh jiwa diterapkan.

Memang tidak dapat dipungkiri jika sebagian kecil aparat kepolisian menjalankan tugasnya dengan baik dan benar sebagai pelayan masyarakat, tapi angkanya masih begitu kecil jika dilihat dalam prosentase keseluruhan. Tidak menutup kemungkinan jika semua orang memerlukan uang sebagai pemenuh kebutuhan hidup sehari-hari, tapi seharusnya sebagai petugas negara yang menjadi aparat kepolisian dapat menjalankan tugasnya lebih baik lagi dan melayani masyarakat sepenuh jiwa dengan sesungguhnya.

Related Posts

Copyright © 2009 - 2015 | Penyabar