09 April 2014

Antara Kepentingan Partai dan Kepentingan Rakyat

Antara Kepentingan Partai dan Kepentingan Rakyat - Salah satu kekecewaan masyarakat yang mengakibatkan timbulnya jumlah golput lebih banyak adalah pejabat yang lebih mementingkan kepentingan rakyat dibanding kepentingan rakyat. Hal ini sudah biasa terjadi saat caleg dan capres terpilih menjadi badan legislatif dan presiden. Istilahnya seperti balas budi karena partai telah menjadikan dirinya menjadi aparat pemerintah, padahal semuanya karena rakyat yang memilihnya.

Masyarakat telah merasa kecewa dengan hasil pemerintah sebelumnya yang mengatasnamakan kepentingan rakyat tapi pada kenyataannya lebih mementingkan kepentingan partai diatas segalanya. Lihat saja perubahan partai setelah bonekanya terpilih, perubahan dari segala kondisi partai tampak mencolok termasuk kantor partai yang menjadi mewah.

Segala keputusan yang menyangkut kepentingan partai menjadi pilihan utama ketimbang kepentingan rakyat, maka jangan heran jika undang-undang yang dibuat lebih memihak orang-orang di balik partai. Undang-undang kedokteran yang dibuat belum lama ini karena banyaknya orang-orang yang berkepentingan dalam hal kedokteran, disini bisa dilihat bahwa pemerintah lebih memihak kepentingan golongan dibanding kepentingan rakyat. Padahal seharusnya rakyat lebih diutamakan dari segalanya apalagi hanya kepentingan golongan dan partai semata.

Dibalik profil caleg dan capres yang ada saat ini tidak luput dari kepentingan sepihak dalam partai tersebut, jika suatu partai memenangkan pemilu sudah pasti orang-dibelakangnya siap merongrong untuk kepentingannya masing-masing. Apalagi jika sampai terjadi koalisi antara partai, semakin bertambahnya rongrongan kebutuhan dari partai yang berkoalisi sehingga dapat memenangkan pemilu. Besar kemungkinan jumlah pemilih golput lebih banyak dari jumlah pemilih partai yang memenangkan pemilu seperti tahun sebelumnya.

Padahal biaya pemilu ini bisa mengurangi kemiskinan di indonesia jika diberikan kepada yang berhak untuk memberikan peluang usaha kepada mereka. Dengan begitu bisa menekan angka kemiskinan lebih banyak lagi. #pemilu

Related Posts

Copyright © 2009 - 2015 | Penyabar