25 April 2014

Bagaimana Cara Memulai Usaha Bisnis Sendiri

Bagaimanakah cara untuk memulai usaha bisnis sendiri agar dapat diterima masyarakat dan berkembang dengan baik sesuai berjalannya waktu dan perbaikan disegala bidang. Banyak sekali orang katakan bahwa sulitnya saat mengambil keputusan pada langkah awal memulai usaha bisnis sendiri berjalan sesuai harapan, tapi beberapa orang mengatakan jangan pernah takut untuk memulai sesuatu keputusan yang bijak karena terkandung pembelajaran di dalamnya. Belajar bukan saja hanya di sekolahan, kuliahan atau tempat kursus dan pembelajaran saja, tapi seiringnya perjalanan memulai dan menjalankan usaha bisnis sendiri akan menemukan beberapa masalah dan rintangan yang menjadi bahan pembelajaran usaha bisnis kedepannya.

Seperti yang saya rasakan saat ini sudah merasa lelah jika harus tetap bekerja di perusahaan yang mematok jam kerja selama 8 jam dan ditambah waktu perjalanan pulang pergi dari rumah ke tempat kerja dan dari tempat kerja ke rumah. Kurang lebih jika dijumlahkan memakan waktu 12 jam dalam sehari, tentu saja sudah memakan setengah masa hidup saya di dunia ini. Maka jika selama bekerja tidak dihargai dengan penghasilan yang pantas maka sia-sia sudah rasanya perjuangan setengah hidup ini tanpa mendapatkan sesuatu yang diharapkan. Bayangkan saja telah memberikan separuh hidupnya tapi tidak dihargai dengan nominal yang sepantasnya, rasanya hidup saya sudah menjadi milik perusahaan jika seperti itu. Maka disini saya berpikiran ingin memulai untuk memiliki usaha sendiri agar dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan mendapatkan penghasilan yang pantas atas waktu yang sudah diberikan pada usaha tersebut.

Saya mencoba meminta saran kepada teman, sahabat ataupun orang lain bagaimana jika ingin memulai usaha bisnis sendiri? Pertanyaan yang muncul di awal pembicaraan biasanya apakah yang bisa dihasilkan dari lingkungan sekitar, misal seperti apakah lingkungan sekitar dan perkiraan apa yang bisa menghasilkan rupiah dari lingkungan sekitar tersebut. Apa yang bisa dijual, apa yang dibutuhkan, dan apa yang kemungkinannya lebih baik untuk dijalankan pada awal memulai usaha bisnis sendiri ini. Jika memiliki banyak modal mungkin bisa belajar sambil menjalankan usaha bisnis sendiri secara coba-coba, tapi jika tidak memiliki modal yang besar maka diperlukan sedikit perhitungan agar tidak mengalami kerugian yang terlalu besar jika usaha bisnis tersebut tidak laku dipasaran. Yang namanya usaha bisnis sendiri sudah tentu terdapat resiko yang akan dihadapinya, entah itu dalam perjalanan prosedur usaha bisnis tersebut atau kondisi pasar yang kurang menerima apa yang ditawarkan.

Jika bertanya pada pelaku bisnis yang sudah berhasil menjalankan usaha bisnis sendiri, sebagian besar mengatakan jalani saja dulu dan ketahui permasalahan yang terdapat di tengah jalan lalu perbaiki dengan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Karena seorang yang sukses adalah orang yang mampu menghadapi permasalahan yang terjadi dengan menghasilkan solusi yang baik dalam mengatasi permasalahan tersebut. Jangan pernah takut untuk memulai usaha bisnis sendiri dan jangan terlalu banyak bertanya bagaimana cara untuk memulai usaha bisnis sendiri. Karena jika sudah ragu-ragu diawal cerita maka akan kurang baik dalam mengatasi permasalahan ditengah perjalan usaha bisnis dan kurang fokus dalam mencari solusi saat memulai usaha bisnis sendiri.

Related Posts

Copyright © 2009 - 2015 | Penyabar