13 April 2014

Pramuka Anak SD bawa Pisau

Pramuka Anak SD bawa Pisau - Terkesan seperti bagaimana gitu jika anak sd sudah diperbolehkan membawa pisau untuk mengikuti kegiatan pramuka di sekolah. Memang pisau yang digunakan tidak tajam, tapi tetap saja runcing di bagian atasnya. Jika digunakan untuk menusuk sudah dapat diperkirakan akibatnya walaupun pada saat mereka bercanda.

Seharusnya hal seperti ini bisa dicegah terlebih dahulu, jika hanya digunakan sebagai simbol saja alangkah baiknya tidak menggunakan pisau yang berbahan besi dan runcing di bagian ujungnya. Apalagi jika saya dengar pramuka anak smp mulai menggunakan pisau yang sedikit lebih tajam. Memang fungsinya sebagai alat pemotong tali temali pada saat melakukan kegiatan pramuka, tapi apakah lebih banyak hal positifnya daripada hal negatifnya?

Riskan sekali anak sekolah yang mulai diperbolehkan membawa pisau untuk kegiatan pramuka, apakah pihak sekolah bisa menjamin agar anak sekolahnya tidak melakukan penyalahgunaan pisau tersebut? Saya yakin pihak sekolah tidak akan bertanggung jawab jika suatu hari terjadi penyalahgunaan pisau ini yang dapat mengakibatkan celaka atau kematian pada anak sekolah.

Sangat rentan jika kondisi anak sekolah yang masih labil diharuskan mempunyai pisau untuk mengikuti kegiatan pramuka, apalagi seringnya terjadi tawuran antar sekolah di kalangan smu, smp bahkan anak sd. Menurut saya lebih baik pihak sekolah dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan yang dapat membahayakan nyawa anak sekolah.

Untuk bagian depdikbud juga seharusnya mengontrol kebijakan-kebijakan sekolah yang sekiranya dapat membahayakan keamanan dan nyawa anak sekolah akibat penyalahgunaan pisau pramuka. Masih banyak ilmu dalam pramuka yang seharusnya dapat dipelajari seorang pelajar yang lebih positif dan lebih aman. Jika hal ini dibiarkan tetap berlangsung maka tidak heran dikemudian hari para pelajar sudah terbiasa memiliki senjata tajam. #pramuka

Related Posts

Copyright © 2009 - 2015 | Penyabar